WARNING COBA ANDA MENCOBA LAPORKAN PENYALAGUNAAN SAMA DENGAN MENCELAKAI DIRI SENDIRI

Jembatan Suramadu: Wisata Tak Tergarap

Posted by Unknown Senin, 30 Januari 2012 0 komentar
Potensi wisata Suramadu bisa menjadi peluang usaha untuk dikembangkan. Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan konon di Asia Tenggara memiliki keunikan dan keistemewaan. Panjang jembatan yang mencapai 4,3 mil atau 7 km melintasi selat Madura sebagai penghubung kota Surabaya dan pulau Madura memiliki potensi besar untuk dijadikan objek wisata bahari. Sayangnya, pemerintah pusat maupun provinsi Jawa Timur kurang serius menggarap peluang itu.

Foto jembatan Suramadu dari berbagai sisi dan waktu menunjukkan betapa indahnya jembatan ini. Deretan pedagang kaki lima di sisi Bangkalan Madura dengan barang dagangan khas Madura seharusnya ditata dengan manajemen yang baik. Pemerintah harus turun tangan mengorganisir mereka agar menjadi tujuan wisata yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar, bahkan menghasilkan devisa. Itu harapan besar masyarakat seperti halnya ulasan di blog Suramadu ini.

Hingga memasuki tahun ketiga sejak diresmikan tanggal 20 Juni 2009 oleh predisen SBY, wisata Suramadu masih belum ada tanda-tanda digarap secara serius. Tarik ulur pengelolaan jembatan Suramadu antara badan yang dibentuk pemerintah dan pemerintah daerah masih terus berlangsung. Hal ini makin memperparah keadaan hingga pembicaraan siapa yang akan mengelola dan bagaimana harus dikelola, tak kunjung membuahkan hasil. Ujung-ujungnya, masyarakat Jawa Timur, terutama Surabaya dan Madura yang dirugikan. 
pedagang kaki lima Suramadu
Jembatan Suramadu malam hari
Persoalan-persoalan teknis menyangkut pembagian keuntungan dan otoritas pengelolaan jembatan Suramadu, terutama wilayah sisi Madura menjadi kendala utama. Akibatnya industrialisasi yang telah direncanakan di wilayah Madura juga belum menampakkan galiatnya. Akankah tertunda dan berlarut-larut seperti pembangunan jembatan Suramadu sendiri? Semoga tidak.
ABOUT THE AUTHOR My Names cloningfile.blogspot.com : Saya semakin yakin bahwa hidup adalah 10 persen dari apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita,dan 90 persen adalah bagaimana sikap kita menghadapinya
Posting Komentar